Minggu, 18 April 2010

Passion, Dream Job, Happy.

oleh :

Ardiles.

Planologi ITB 2007


Tiga kata itu saya dengar ketika duduk di Ruang Serba Guna labtek Ixa ITB. Tepat nya ketika mengawasi kegiatan ospek fakultas / kaderisasi wilayah / sketsa untuk mahasiswa sappk itb angkatan 2009.

Minggu 18 april 2010, pukul 8.00 – 9.00 pagi.

Acaranya adalah materi ruangan, dan untuk hari ini materi ruangan dengan tema pengenalan mengenai dua bidang keilmuan yang ada di SAPP ITB yaitu Planologi dan Arsitektur.

Pemateri dari bidang planologi adalah bang Catuy (Elkana Catur Hardiansah) PL dan HMP angkatan 2000.

Menurut gue sih, beliau ngga banyak menjelaskan tentang keilmuan planologi, bahkan beliau sendiri menyatakan bahwa, ilmu kuliahnya udah banyak yang ngga ingat, dan beliau bahkan akan menyerahkan kepada relasinya jika sudah berhubungan dengan penataan ruang dan wilayah. Hoho. Tapi menurut gue yang beliau sampaikan itu sangat realistis.

Mari mulai bercerita. J

Menurut gue, dasar beliau mengangkat materi yang beliau sampaikan di acara osfak / kadwil tersebut berangkat dari cerita di film 3 idiots. Intinya adalah, bagaimana seseorang bisa mencapai apa yang diinginkannya, dengan apa yang disenanginya, dan menganggap capaiannya tersebut sebagai sebuah kesuksesan.

Yah, osfak / kadwil ini tujuannya adalah memberikan pengenalan mengenai program studi, namun menurut gue, yang diberikan oleh bang catuy tersebut, bukan hanya sekedar pengenalan program studi, namun beliau memberikan materi tentang bagaimana caranya menentukan pilihan.

Kembali lagi kepada kata “realistis”. Karena menurut gue, yang beliau sampaikan memang sangat realistis, kenapa? Karena memang seharusnya “jika anda ingin sukses, dengan rasa puas, lakukan lah apa yang anda senangi, dengan rasa ikhlas, tulus, dan dibumbui warna kreatifitas.”

Tiga kata yang gue jadiin judul tulisan ini, adalah tiga hal, yang menurut beliau harus ada, jika anda ingin sukses dengan puas dan dengan melakukan apa yang anda senangi dengan ikhlas.

Tentukan passion anda, tentukan dream job anda, pikirkan apa saja yang dapat membantu anda untuk mendapatkan dream job tersebut (dalam hal ini mata kuliah), dan lakukan lah dengan happy ditempat anda merasa nyaman.

REALISTIS

Passion, Dream Job, and Happy

1 komentar:

  1. emang keren tuh pesan tentang pendidikan yg disampaikan film 3 idiots! tapi gw lebih suka my name is khan, hahahahahha

    BalasHapus