Selasa, 18 Mei 2010

Buat apa sih car free day di Juanda Bandung?

Assalamualaikum.

Ngebahas tentang car free day yang mulai dijadikan agenda rutin per minggu di sepanjang jalan juanda ( dari mulai lampu merah cikapayang sampai simpang dago) Kota Bandung.

Nah, saya bertanya-tanya nih, apasih sebenernya tujuan car free day ini?

Kalo dibilang buat mengurangi polusi, hmm.

Pendapat saya, kalo mengurangi polusi mungkin di sepanjang jalan yang dipakai buat car free day tadi emang terjadi pengurangan polusi, tapi kalo buat ruas jalan yang ga digunakan buat car free day gmn dong? liat asumsi saya yang kedua.. :)

Kalo car free day tujuannya buat mengurangi kemacetan?

Hmm, kalo kemacetan di sepanjang jalan yang tadi doang sih, emang ga ada kemacetan. Wong ngga ada kendaraan bermotor yang boleh masuk kan ya?

Justru pada kenyataannya, dari yang saya amati sepanjang car free day diadakan beberapa kali di Kota Bandung, dengan diberlakukannya jalan juanda (dengan batasan yang sudah saya sebutkan diatas tadi) sebagai cakupan “car free day”, kendaraan yang biasanya melalui jalan tersebut secara tidak langsung “teralihkan” untuk melewati ruas jalan yang lain. yang pada akhirnya menambah volume kendaraan pada ruas jalan yang biasanya ngga terlalu banyak nih dilalui kendaraan. Ya kasarnya, kemacetannya dialihkan gitu lah...

Nah, lihat lagi nih. Di Bandung juga ada yang namanya pasar pagi GASIBU. Gimana nih sama kalo dikaitkan sama ruas jalan yang digunakan untuk car free day?

Gini lho, pasar pagi gasibu biasanya juga kan menutup ruas jalan, mulai dari monumen didepan UNPAD sampai ke lapangan GASIBU, bahkan sampai depan gedung sate. Nah sekarang ada lagi ruas jalan yang ditutup lagi nih, yang mana jarak kedua jalan itu ngga begitu jauh lho... gimana tuh dampaknya buat arus lalu lintas kota Bandung di minggu pagi?

Nah, kalo saya melihatnya nih, car free day itu sebagai kampanye gerakan anti polusi udara di pagi hari minggu. Tapi memang dampaknya memang belum begitu terlihat bagi kota Bandung.

Trus satu lagi manfaat yang saya lihat adalah, car free day menjadi lahan buat para pedagang.

Gitu sih kalo pendapat saya mah. Pendapat teman-teman yang lain gimana nih?

3 komentar:

  1. sebenernya car free day itu adalah permainan politik oleh para pejabat bandung...lha kok???hahahahaha..ngawur pisan urang...hahahahah

    BalasHapus
  2. bisa aja sih zi. tapi bisa juga cuma karna pengen keren2an doang, ga mau kalah sama kota kota besar lainnya. tapi ga mikirin dulu, gmn gmn nya. haha

    BalasHapus
  3. tunggu di KLCBS Sabtu 31 Juli 2010 10-11 am

    BalasHapus